Kamis, 06 Mei 2010

Pengertian Digital Single Lens Reflex (DSLR)

Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Cara kerja DSLR adalah sebagai berikut : untuk tujuan melihat object, cermin akan memantulkan cahaya yang datang dari lensa menuju keatas dengan sudut sekitar 90 derajat. Kemudian cahaya dipantulkan oleha pentaprism ke mata fotografer. Selama proses pengambilan foto, cermin akan bergerak membuka keatas dan jendela rana membuka yang memungkinkan lensa memproyeksikan cahaya menuju ke sensor.

Perbedaan Antara DSLR dan Digicam
Desain pantulan cahaya merupakan perbedaan mendasar anatar DSLR dan kamera digital pada umumnya, dimana kamera pada umumnya fungsi sensor untuk menangkap cahaya(gambar) dari lensa akan bekerja terus menerus dan diteruskan ke Liquid Crystal Display(LCD) atau elektronik viewfinder. Sedangkan pada DSLR gambar akan ditampilkan ke optical viewfinder hasil dari cahaya yang dipantulkan melalui cermin dan pentaprism. Dalam hal ini brarti pada kamera biasa sensor akan bekerja terus menerus untuk menampilkan gambar ke LCD atau elektronik viewfinder. Sedangkan pada DSLR sensor akan bekerja hanya pada saat pengambilan foto saja. Tetapi dewasa ini perkembangan live preview pada DSLR sudah memungkinkan seseorang untuk melihat objek foto melalui LCD, walau dengan beberapa batasan-batasan yang dimilikinya.

Karakter utama DSLR adalah :
1. Apa yang kita lihat adalah apa yang lensa lihat. "What You See Is What You Get".
2. Lensa dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan
3. Biasanya memiliki ukuran sensor yang besar yang akan menghasilkan gambar lebih baik.
4. Jeda waktu (lag time) jauh lebih singkat dibandingkan kamera biasa.



Keterangan :
1. Lensa sebagai jalan cahaya
2. Cermin yang memantulkan cahaya
3. Focal-Plane Shutter
4. Sensor yang menangkap cahaya pada saat pengambilan foto
5. Focusing Screen
6. Condensing Lens
7. Pentaprism
8. Viewfinder


Tidak ada komentar:

Posting Komentar