Rabu, 12 Mei 2010

Pembuatan Web Virtual Class

Sistem perkuliahan virtual class Di sini, dosen pengajar tak harus bertatap muka langsung dengan mahasiswa di kelas, tapi cukup menerangkan mata kuliahnya di depan komputer. Pemberian tugas dan pengumuman mendadak pun tak harus dilakukan secara manual lagi, cukup dengan mem-publish melalui web, akan terakses oleh mahasiswa. Web banyak cara membuatnya, yang paling sering dengan menggunakan joomla, Sedikit pengertian tentang joomla adalah aplikasi website open source yang biasa disebut cms (content management system) yang memudahkan kita untuk membangun sebuah website secara mendetail.

Joomla menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan database MySQL. Joomla bisa berjalan pada sistem operasi windows maupun linux. Joomla memiliki banyak fitur dan aplikasi tambahan yang handal dan jika digabungkan akan membuat website kita menjadi lebih lengkap seperti layaknya website-website lainya.

untuk bisa menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh termasuk perguruan tinggi Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di Universitas

berikut ini rincian apa yang harus dilakukan Dosen dan dalam sistem virtual class :
Pembukaan kelas disini dosen memberikan instruksi kepada mahasiswa untuk melakukan absen.
Penutupan kelas.
Presentasi dengan video streamming .
Upload dan download materi perkuliahan yang akan diberikan.
Membuat soal ujian, model soal diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengajar.
Memeriksa jumlah mahasiswa yang hadir atau mengikuti virtual class ini.
Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dengan menggunakan microphone atau lewat chatting.
Memberikan tugas yang menunjang materi yang dibawakan.
Diskusi melalui forum (optional).

berikut ini rincian apa yang harus dilakukan yang dilakukan Mahasiswa :

Absen secara Online menggunakan web yang disediakan.
Evaluasi dalam bentuk Online.
Berinteraksi dengan dosen secara audio visual dan atau menggunakan fasilitas chatting
Diskusi melalui forum (optional).

Sisi baik dari penggunaan e-Learning adalah mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif dibandingkan pengajaran secara tradisional hal ini didasarkan bahwa penggunaan e-Learning yang diluar pengawasan langsung dari dosen pengajar, siswa dituntut lebih kreatif dalam menerima materi perkuliahan yang diberikan agar mereka dapat menanyakan atau memberikan tanggapan ketika dosen memberikan keterangan yang kurang jelas atau dapat memberikan tafsiran yang ambigu di dalam perkuliahan. Memberikan jalan menuju sistem belajar-mengajar yang berpusat pada siswa ( Student Learning Center ).

Sisi buruk dari penggunaan e-Learning adalah mahasiswa yang kurang bisa menerima kuliah secara aktif sulit di kontrol secara langsung, sehingga umpan balik yang diberikan oleh mahasiswa kepada sistem e-Learning ini bisa saja lebih didasarkan kepada subyektivitas dibandingkan keobyektivitasan penggunaan e-Learning itu sendiri. Karena menurut pengalaman saya ketika mengikuti kelas e-Learning ini, tidak sedikit mahasiswa yang tertidur atau pergi meninggalkan kelas karena mengalami kebosanan yang mungkin diakibatkan oleh “berat”nya materi yang diberikan oleh dosen, dengan penjelasan yang mungkin dirasa kurang memuaskan sehingga mengakibatkan mahasiswa tersebut menjadi malas untuk mengikuti kelas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar